Kamis, 31 Januari 2019

Tips Cara Mencegah Penularan Penyakit Hepatitis D

Tips Cara Mencegah Penyakit - Hepatitis D merupakan sebuah kondisi yang disebabkan virus. Penyebab hepatitis utama yaitu virus delta yang dimana virus ini merupakan virus yang jarang sekali ditemukan. Hepatitis D merupakan kondisi yang sangat mudah sekali menular terutama pada orang yang terinfeksi oleh virus hepatitis B. Biasanya orang yang telah terkena infeksi hepatitis B dan D secara bersamaan kemungkinan besar akan mengalami penyakit akut yang serius, yang akan memicu risiko tinggi mengalami gagal hati. 

Penyakit hepatitis memang merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup tinggi terjadi diindonesia. Sebenarnya ada banyak jenis penyakit hepatitis, yaitu hepatitis A, B, C , D serta E. Masing-masing dari penyakit tersebut memiliki gejalanya masing-masing, dan juga memiliki jalur penyebaran dan penularan yang berbeda-beda. Namun, hal tersebut sama-sama disebabkan oleh infeksi virus. 

Penularan hepatitis D ini hampir sama dengan penularan hepatitis B. Biasanya kondisi ini dapat terjadi setelah seseorang terkena hepatitis B. Penularan hepatitis B ini bisa melalui hubungan seksual, jarum suntik serta tranfusi darah. Pengobatan yang tersedia untuk hepatitis D yaitu pemberian vaksin hepatitis B, anti virus serta istirahat yang cukup. 

Selain itu, Adapun beberapa tips cara mencegah penularan penyakit hepatitis D : 

Tips Cara Mencegah Penularan Penyakit Hepatitis D 


  • Lakukan Vaksinasi 
    Melakukan vaksin untuk hepatitis B dapat mencegah penularan hepatitis D. Orang yang beresiko terkena hepatitis D juga harus melakukan suntik vaksin. Namun, sebelum melakukan suntik vaksin pastikan terlebih dahulu menggunakan jarum yang steril. Dan hindari penggunaan jarum yang sama dengan orang lain. 
  • Berhati-hati dalam penggunaan Jarum 
    Jarum atau peralatan medis yanh tidak steril dapat memicu penularan dari virus terutama virus hepatitis. Hal ini tentunya harus diwaspadai, terutama oleh tenaga medis. 
  • Melakukan Hubungan Seks Yang Aman 
    Perlu untuk anda ketahui, melakukan hubungan seksual yang aman adalah hal yang penting. Karena sebagian hepatitis penularannya disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak aman (tanpa kondom). Nah, jika pasangan anda tertular virus hepatitis, sebaiknya melakukan hubungan seksual dengan pengaman (kondom). 
  • Biasakan Untuk Mencuci Tangan 
    Biasakanlah mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan, karena hal tersebut dapat mencegah terjadinya penularan penyakit hepatitis. Selain itu, menjaga kebersihan tubuh juga sangat peting dilakukan, sehingga hal ini akan menurunkan risiko terkena hepatitis. 
  • Perhatikan Dalam Memilih Makanan Dan Minuman
    Membiasakan diri untuk mencuci tangan tidaklah cukup, anda juga harus berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman. Karena jika tidak memperhatikan makanan atau minuman yang kita konsumsi, hal tersebut besar kemungkinan dapat menjadi jalan penyebaran virus terutama virus hepatitis. 
Dan itulah beberaoa tips cara cegah penularan penyakit hepatitis D semoga informasi ini bermanfaat. Amiiiinnn

Tidak ada komentar: