Senin, 14 Januari 2019

Bahaya Pembentukan Batu Empedu Yang Patut Diwaspadai

Bahaya Pembentukan Batu Empedu - Empedu merupakan sebuah kandungan yang berisi cairan yang berkaitan dengan alat pencernaan. Jika ada kolesterol yang menggumpal dan membeku didalam cairan tersebut, maka yang akan terjadi yaitu pembentukan batu empedu. Jika batu empedu tersebut tidak segera diobati, maka akan sangat membahayakan kesehatan. 

Batu empedu yang tumbuh didalam kantung empedu dapat memiliki ukuran bermacam-macam, mulai dari ukuran yang terkecil hingga ukuran besar sebesar bola pingpong. Bahkan batu empedu juga sering tidak menimbulkan gejala sama sekali. Namun, jika batu empedu tersebut keluar dari kantung batu empedu dan menyebabkan penyumbatan pada saluran empedu, maka akan menimbulkan gejala sakit yang luar biasa pada perut. Dan jika hal tersebut tidak segera diatasi dengan cepat, maka kemungkinan besar akan menyebabkan komplikasi. 

Sakit pada perut tentunya akan menyebabkan orang yang mengalaminya tidak bisa banyak bergerak, tentunya hal ini sangat menganggu aktivitas. Tidak hanya itu saja, penderita batu empedu juga bisa terkena demam tinggi yang diakibatkan oleh batu empedu. 

Untuk mengatasinya, biasanya orang yang terkena batu empedu memecahkan solusinya yaitu dengan melakukan tindakan operasi. Melakukan tindakan operasi untuk mengobati batu empedu memang boleh-boleh saja, namun hal tersebut tentunya akan menimbulkan bekas luka atau bahkan efek samping setelah operasi batu empedu. Selain itu, biaya yang dikelaurkanpun tidak begitu sedikit. 

Bahaya Pembentukan Batu Empedu Yang Patut Diwaspadai 

Gambar terkait
Berikut ini ada beberapa bahaya pembentukan batu empedu yang patut diwaspadai : 
  1. Peradangan Pada Kantung Empedu 
    Kantung empedu yang terserang oleh gumpalan kolesterol dalam jumlah yang banyak akan mengakibatkan peradangan katung empedu, sehingga hal ini akan menyebabkan penderita merasakan sakit yang luar biasa pada perut bagian atas. 
  2. Empedu Membengkak 
    Batu empedu yang menyumbat pada saluran kandung kemih akan menyebabkan pembengkakan pada empedu. Hal tersebut tentunya akan menyebabkan gagal ginjal. 
  3. Saluran Empedu Tersumbat
    Jika saluran empedu mengalami penyumbatan, maka akan menyebabkan cairan empedu menjadi menumpuk dan berpindah pada hati. Jika hal tersebut terjadi, tentunya akan menyebabkan kadar blirubin meningkat tajam dalam darah. Hal tersebut tentunya menyebabkan tubuh menjadi lemah atau lunglai. 
  4. Kandung Empedu Menjadi Pecah 
    Pengendapan yang terjadi pada batu ginjal yang terlalu besar tentunya akan menyebabkan desakan kuat pada dingding dingding kandung empedu, sehingga hal ini menimbulkan iritasi, luka bahkan peradangan yang sangat hebat. Kondisi tersebut tentunya menimbulkan kandung empedu menjadi pecah. 
  5. Animea Berat 
    Adanya batu empedu pada kantung empedu yang sudah membesar tentunya akan menimbulkan pecahnya kantung empedu, sehingga hal ini menyebabkan terjadinya penurunan jumlah trombosit yang akan menyebabkan kondisi kesehatan semakin menurun, sehingga hal ini menyebabkan animea berat. 
Bahaya batu empedu bagi kesehatan tentunya sangat banyak sekali, terutama jika batu empedu tersebut tidak segera diatasi maka kemungkinan besar akan menyebabkan timbulnya komplikasi yang sangat bahaya. 

Dan itulah beberapa bahaya pembentukan batu empedu yang patut diwaspadai, semoga bermanfaat. Aminnnnn 

Tidak ada komentar: