Rabu, 09 Januari 2019

Faktor Risiko Abses Payudara

Faktor Risiko Abses Payudara  - Abses payudara sautu kondisi adanya peradangan pada payudara yang mengakibatkan payudara menjadi bengkak,memerah, yang diakibatkan oleh adanya bakteri. Abses payudara merupakan suatu kondisi yang bisa terjadi sekitar 10 % sampai 30% kasus. Abses payudara lebih sering terjadi pada wanita yang sedang menyusui, dan sangat jarang sekali ditemukan abses payudara pada wanita biasa. 

Faktor Risiko Abses Payudara 

Meski banyak ditemukan pada wanita yang sedang menyusui, namun ada banyak faktor yang dapat meningkatkan seseoarng memiliki risiko tinggi terkena abses payudara. Dari sebuah penelitian membuktikan, bahwa merokok dan membuat tindik pada bagian puting payudara dapat memiliki risiko tinggi terkena abses payudara. 

Penyakit abses payudara disebabkan karena adanya infeski bakteri, salah satunya yaitu Staphylococcus aureus, yang dimana bakteri tersebut dapat ditemukan pada kulit manusia dan dapat masuk melalui luka pada payudara terutama disekitar puting susu. Oleh karena itu, waspadai abses payudara yang dapat mengintai anda.


Selain perokok, seseorang yang memiliki riwayat penyakit diabetes serta obesitas juga memiliki risiko tinggi terkena abses payudara, dan merupakan salah satu faktor utama. Seorang perokok juga merupakan salah satu faktor utama terkena abses payudara, serta dapat meningkatkan risiko 6 kali lipat dibandingkan pada wanita yang tidak merokok. 

Bahkan jika seorang wanita tersebut kecanduan dalam merokok, maka akan mengalami kekambuhan 60 % diantaranya merupakan perokok berat. Oleh karena itu, sebgaiknya jika anda termasuk sesorang yang kecanduan dalam merokok, sebaiknya menghentikan kebiasan buruk tersebut. Hal ini bertujuan agar risiko kambuh dapat dikurangi. 

Tidak hanya perokok saja yang merupakan faktor utama, faktor berikutnya yaitu  adalah tindik di bagian puting susu. Risiko untuk mengalami abses payudara pada wanita yang putingnya ditindik cenderung meningkat pada kurun waktu hingga 7 tahun sejak tindik dibuat.Dalam penelitian ini, para ahli melibatkan 68 wanita yang mengalami abses payudara, termasuk 43 wanita perokok dan 9 wanita yang memiliki tindik di putingnya. 

Dan itu saja sekilas informasi mengenai faktor risiko abses payudara,semoga informasinya bermanfaat dan menjadi ilmu tambahan bagi anda tentang abses payudara. 

Tidak ada komentar: