Senin, 28 Januari 2019

Gangguan Mata Penyebab Kebutaan

Gangguan Mata Penyebab Kebutaan - Gangguan yang terjadi pada mata tentunya akan sangat menganggu penglihatan. Gangguan pada mata juga dapat terjadi pada siapa saja, baik pada anak kecil hingga pada orang dewasa sekalipun. Perlu untuk anda ketahui, gangguan yang terjadi pada mata dapat memicu kebutaan. Oleh sebab itu, jangan menyepelekan jika mengalami gangguan pada mata. Adapun beberapa penyebab gangguan mata yang menyebabkan kebutaan : 

Gangguan Mata Penyebab Kebutaan


  • Katarak 
    Katarak merupakan gangguan pada mata yang sering terjadi. Katarak ini mengalami gangguan pada lensa mata yang seharusnya bening malah menjadi keruh. Dan kondisi ini merupakan penyebab mata mengalami kebutaan. 
  • Glaukoma 
    Glaukoma tentunya merupakan kondisi yang berbahaya yang dimana menyebabkan kebutaan secara permanen, hal tersebut dapat terjadi jika glaukoma tidak segera diatasi dengan cepat. Kondisi ini merupakan kondisi yang berbahaya setelah katarak. Oleh karena itu, kondisi ini harus diwaspadai. Baca juga : Waspada bahaya glaukoma
  • Kelainan Refraksi 
    Kondisi ini merupakan suatu kondisi yang terjadi karena adanya kelainan pada bola mata yang tidak dapat membelokan cahaya agar tetap jatuh pada makula retina. Kelainan ini terbagi menjadi empat yaitu : presbiopia ( kemampuan lensa menurun), Miopia (rabun jauh), hiperopia (rabun dekat) serta astigmatisme (silindris). 
  • Ptergium 
    Kondisi ini menyebabkan mata menjadi merah karena paparan sinar UV. Pada saat mata memerah, dan mengatasinya dengan menggunakan obat tetes, hal tersebut hanya akan mereda untuk sementara saja. Oleh karena itu, jika mengalami mata memerah dan tak kunjung sembuh sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut. 
  • Konjungtivitis 
    Kondisi ini juga hampir serupa dengan kondisi ptergium, yang dimana kondisi ini mengalami mata merah. Konjungtivis ini dapat terjadi karena adanya peradangan pada selaput mata yang diakibatkan oleh bakteri, virus, atau debu. 
Dan itulah sekilas informasi mengenai gangguan mata yang menyebabkan kebutaan, semoga informasinya bermanfaat untuk anda amiinnnn. 

Tidak ada komentar: