Minggu, 10 Maret 2019

Ciri-Ciri Kista Payudara Yang Harus Dioperasi

Ciri-Ciri Kista Payudara - Meski kista payudara dikategorikan kedalam penyakit yang tidak berbahaya, namun kista tetap harus melakukan penanganan dengan cepat. Karena jiika kista payudara tetap di biarkan tanpa melakukan tindakan yang seharunya, maka bahaya kista payudara akan mengintai penderitanya salah satunya yaitu terjadinya komplikasi yang sangat parah. 

Ciri-Ciri Kista Payudara 

Kista payudara merupakan suatu benjolan yang berisi cairan dan memiliki bentuk bulat atau lonjong, dan jika ditekan akan terasa kenyal seperti balon berisi air. Benjolan yang berisi cairan tersebut tumbuh pada sekitar jaringan payudara. Secara umum, kista payudara lebih  sering terjadi pada wanita usia 30 tahun keatas. Namun, tidak menutup kemungkinan juga wanita yang berusia dibawah 30 tahun dapat mengalaminya. 

Meski tidak berbahaya, namun penyakit yang satu ini berhasil membuat para wanita takut. Ketakutan para wanita bermulai jika benjolan yang ada pada payudara menjadi membesar. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika benjolan segera ditangani dengan cepat dan juga tepat. Tidak hanya itu saja, kista payudara yang tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan juga bisa terjadi berulang kali. Berikut adalah ciri atau gejala benjolan payudara : 
  • Payudara terasa penuh 
  • Nyeri tumbul dan berat 
  • Benjolan padat dengan bentuk yang tidak teratur 
  • Nyeri pada payudara yang sifatnya menetap atau hilang-timbul
  • Nyeri payudara berkurang setiap selesai menstruasi. 
Jika mengalami ciri atau gejala seperti diatas maka harus segera mengobatinya. Dan salah satu tindakan yang biasanya dilakukan dengan melakukan tindakan operasi. 

Ciri-Ciri Kista Payudara Yang Harus Dioperasi 


Adapun beberapa ciri kista payudara yang harus dioperasi : 
  • Ukuran kista payudara yang sudah membesar 
  • Cairan kista yang mengandung darah 
  • Payudara mengalami pembengkakan 
  • Timbul rasa nyeri dan rasa tidak nyaman pada payudara. 
Tujuan melakukan operasi yaitu untuk mengangkat kista yang tumbuh pada payudara. Waktu yang perlu untuk dilakukan untuk mengobati kista payudara yaitu kurang lebih selama 2 jam. Bahkan melakukan tindakan operasi juga bisa lebih dari 2 jam tergantung seberapa banyak jumlah banyak kista yang tumbuh. 

Melakukan tindakan operasi tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit, bahkan dengan melakukan tindakan operasi kista belum sepenuhnya sembuh. Banyak kasus yang terjadi setelah melakukan tindakan operasi, salah satunya yaitu kista menjadi tumbuh kembali. Oleh karena itu, melakukan tindaan operasi merupakan hal yang tepat. Dan Jika kista tidak ingin tumbuh lagi, maka sebaiknya mengobatinya dengan tepat. 

Sekian dan terimakasih. 

Tidak ada komentar: