Selasa, 29 Januari 2019

Pantangan Untuk Penderita Gondongan

Pantangan Untuk Penderita Gondongan - Gondongan merupakan jenis penyakit yang sangat menganggu terutama penampilan, gondongan itu sendiri yaitu kondisi dimana adanya pembengkakan atau pembesaran pada kelenjar parotis, yang dimana penyebab gondongan ini disebabkan oleh infeksi virus mumps (Kelompok paramyxovirus). Virus tersebut sangat mudah sekali menyebar dan menginfeksikan dengan mudah. 

Penyakit ini akan sangat berbahaya apabila tidak segera diobati, Namun penyakit ini akan sangat ringan apabila segera diobati. Tetapi, perlu untuk anda ketahui juga, untuk mempercepat proses penyembuhannya ada beberapa pantangan yang harus dihindari bagi penderita gondongan. Salah satunya yaitu pantangan makanan. 

Pantangan Untuk Penderita Gondongan 


Perlu untuk anda ketahui, menderita gondongan tentunya banyak hal yang menjadi pantanga salah satunya yaitu makanan. Pada saat menderita gondongan tidak boleh mengkonsumsi makanan secara sembarangan, karena hal tersebut dapat memicu peningkatan keparahan. Lalu apa saja jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita gondongan ? 

  1. Makanan Pedas 
    Yang menjadi pantangan gondongan yang pertama yaitu menghindari jenis makanan yang memiliki citarasa pedas. Mengkonsumsi makanan yang bercitarasa pedas tentunya hanya akan membuat air liur keluar menjadi lebih banyak lagi. Dan hal tersebut juga tentunya akan memaksa kelenjar air liur bekerja lebih keras lagi. 
  2. Menghindari Makanan Asam 
    Tidak hanya harus menghindari jenis makanan pedas saja, bagi anda penderita gondongan juga sebaiknya menghindari jenis makanan yang memiliki rasa asam. Hal ini juga akan menyebabkan kelenjar air liur memproduksi air liur lebih banyak lagi, sehingga menyebabkan kelenjar air liur harus bekerja lebih keras lagi. Tidak hanya itu saja, Mengkonsumsi makanan asam pada saat menderita gondongan juga akan menyebabkan nyeri pada pipi. Maka tidak heran, jika rasa sakit dan pembengkakan akan semakin parah. 
  3. Makanan Berlemak
    Makanan yang memiliki banyak lemak juga harus patut anda hindari, karena hal ini hanya akan memperburuk gejala gondongan saja. Oleh karena itu, hindarilah jenis makanan yang mengandung banyak lemak serta minyak berlebih. 
  4. Makanan Keras
    Dan jenis makanan yang harus dihindari selanjutnya yaitu jenis makanan yang keras. Karena pada saat mengalami pembengkakan pada kelenjar parotis yang terletak pada bagian tulang rahang, hal ini akan membuat mengunyah lebih sulit, bahkan juga dapat merasakan kesaakitan. Jika kondisi tersbeut terus dipaksakan, maka akan menyebabkan penambahan pada pembengkakan. Bahkan juga akan membuat rasa sakit semakin parah. 
  5. Makanan Olahan Pabrik 
    Jenis makanan yang harus dihindari selanjutnya yaitu jenis makanan olahan pabrik. Jenis makanan yang satu ini sebaiknya segera dihindari. Karena tidak hanya sulit untuk dicerna, makanan yang satu ini juga mengandung zat aditif yang mungkin sangat berpotensi berbahaya pada saat kekebalan tubuh terganggu akibat sakit gondongan. 
Dan itulah beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan pada saat mengalami gondongan. Semoga informasi ini bermanfaat amiinnn. 

Tidak ada komentar: